Rabu, 05 November 2014

AKSESORIS PERANCANGAN SISTEM CCTV

 Dalam membuat sebuah sistem CCTV sederhana terlebih dahulu anda harus mengetahui peralatan alat atau material yang digunakan dalam instalasi tersebut. Berikut ini peralatan atau material yang diperlukan :
1. BNC (Bayonet Neill Concelman) connector adalah tipe konektor RF yang pada umumnya dipasang pada ujung kabel coaxial, sebagai penghubung dengan kamera CCTV dan alat perekam (DVR) maupun secara langsung ke monitor CCTV.
2. Konektor RCA ini digunakan untuk membuat Konektor Penyambung antara TV dengan DVR. Cara pemasangan konektor ini sama seperti pemasangan konektor BNC Drat.

 
Konektor RCA



3. JACK POWER female ini biasa digunakan untuk menyambung power cctv dengan kabel coaxial,  sehingga adaptor cctv dapat di sambung hingga di tempat colokan listrik yang telah tersedia.

Jack DC Female

 
4. JACK POWER male ini biasa digunakan untuk menyambungkan power cctv ke adaptor cctv, atau bisa juga untuk menyangbungkan Power cctv dengan Power suply.
 Jack DC Male


5. Konektor RJ-45 yang 1 ini adalah konektor yang digunakan untuk kabel LAN, pemasanganya cukup mudah, karena tidak menggunakan solder, hanya cukup dengan Tang CRIMPING.
Conektor RJ-45 yaitu digunakan untuk conektor kabel jaringan dari kamera cctv ke computer untuk membentuk suatu jaringan dimana dalam hal ini hanya berlaku pada system CCTV berbasis internet.

 RJ 45

6. Konektor BNC-T ini digunakan untuk membuat cabang penghubung antara DVR dan 2 monitor dan konektor ini tidak memerlukan rakitan kabel cukup dihubungkan dengan konektor BNC
 BNC T
7. Kabel Coaxial merupakan sebuah jenis kabel yang biasa digunakan untuk mengirimkan sinyal video dari kamera CCTV ke monitor. Ada beberapatipe kabel coaxial yaitu : RG-59, RG-6 dan RG-11. Penggolongannya berdasarkan diameter kabel dan jarak maksimum yang direkomendasikan untuk instalasi kabel tersebut. 
Kabel Coaxial
8. Peralatan untuk Crimp kabel coaxial digunakan sebagai alat bantu untuk memasang konektor BNC Krimping pada kabel coaxial.
Tang Krimping
 9. Kabel UTP yaitu kabel yang digunakan bersamaan dengan konektor RJ-45, dimana hanya digunakan pada system CCTV berbasis internet yang dapat dipantau langsung melalui jaringan internet dimana saja dan kappa saja.
Kabel UTP
10. Kabel Power digunakan untuk memasok tegangan AC (searah) 220 V ke adaptor atau power supply kamera CCTV. Biasanya tipe kabel power yangdigunakan adalah NYA (2×1,5mm) maupun NYM (3×2,5mm). Instalasi kabel power ini sebaiknya juga menggunakan pipa high impact conduit.
Kabel Power
11. Adaptor dan power supply merupakan perangkat yang menyuplai tegangan kerja ke kamera CCTV, pada umumnya tegangan yang digunakan yaitu 12 Volt DC. Namun adapula yang menggunakan tegangan 24 Volt (AC) maupun 24 Volt (DC). Hal ini tergantung pada jenis atau tipe kamera yang digunakan.

Adaptor CCTV















Tidak ada komentar:

Posting Komentar